Memperingati Hari Jadi Luwu ke-741

Berbagai cara dilakukan komponen masyarakat Luwu untuk memperingati hari jadi Luwu ke-741.

Salah satunya, generasi muda Padang Sappa, Kecamatan Ponrang, yang tergabung dalam Tana Luwu Band Community (TLBC) menggelar sebuah festival musik yang diikuti sedikitnya 15 Band di Tana Luwu, dengan mempertandingkan lagu daerah.

Pembina TLBC Padang Sappa, Untung Heriyanto mengatakan, generasi muda Padang Sappa tidak akan melepasklan momentum hari jadi Luwu. "Makanya kami melakukan kegiatan yang bernilai positif, yang tergabung dalam TLBC dengan menggelar festival musik Band," kata Untung, ditemui Senin 2 Pebruari kemarin.

Hanya saja festival musik band ini, untuk menghargai dan memperingati hari Jadi Luwu, para band diwajibkan membawakan lagu daerah tana Luwu '' ungkap Untung

Kegiatan yang dilaksanakan ini tidak lain untuk mengajak generasi muda Padang Sappa dan generasi pada umumnya supaya tetap menghargai karya seni yang ada di Tana Luwu. "Para generasi muda yang tergabung dalam musik band ini sangat piawai mengakselerasi lagu daerah dalam penampilan mereka. Tetunya hal ini harus diberi apresiasi," urai Untung, yang juga menjabat Kepsek SDN 57 Padang Sappa.

Dalam festival itu, tampil sebagai juara dalam kegiatan yang melibatkan sekira 15 group Band se Tana Luwu adalah X-Full Band Junior dengan mengantongi tropy dan sejumlah uang pembinaan. Para group band tersebut menyanyikan sejumlah lagu berbahasa daerah yang berjudul diantaranya pantai labombo, enda suako, Pa,'boko dan beberapa lagu daerah lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar